Select Page

Bagi wanita mempunyai badan yang berlebih adalah hal yang dihindari. Untuk itu wanita mencari berbagai cara untuk dapat menurunkan berat badan, sebagian besarnya menggunakan cara-cara tersendiri agar terlihat kurus/langsing, entah itu dengan berdiet atau meminum obat pelangsing.

Padahal jika tidak ingin repot-repot berdiet banyak cara yang lebih mudah untuk dilakukan, salah satunya ialah mensiasati cara berpakaian. Mungkin salah satu faktor yang menyebabkan kamu terlihat gemuk yaitu dari cara berpakaian.

Pakaian adalah salah satu faktor yang paling menunjang penampilan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika pakaian kita rapi dan enak dilihat pasti akan terkesan baik. Sedangkan jika sebaliknya, kita akan terlihat sangat buruk. Penampilan sangatlah penting karena dari penampilan orang bisa menilai karakter seseorang.

Ada beberapa pakaian yang wajib dihindari dan digunakan. Untuk itu anda wajib memperhatikan tips/trik tentang bagaimana caranya agar tubuh anda yang gemuk terlihat lebih langsing.

  1. Memilih Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian yang pas. Anda harus selalu memakai pakaian yang pas di tubuh. Pakaian yang terlalu kecil atau terlalu besar akan membuat Anda terlihat lebih gemuk dari yang sebenarnya. Pakaian tidak boleh ketat karena hanya akan mencipatakan dan memperjelas lipatan lemak. Pakaian juga tidak boleh terlalu longgar, karena pakaian kebesaran yang menyembunyikan tubuh memberi kesan bahwa Anda mempunyai kelebihan bobot. Sebaiknya kenakan pakaian yang pas, pakaian seharusnya memeluk tubuh dengan ringan tanpa menekannya.

Ini juga berlaku untuk pakaian dalam. Anda harus memakai celana dan bra yang pas. Contohnya, banyak wanita yang memakai ukuran bra yang salah. Celana dalam jangan sampai menggigit pinggul Anda dan bra seharusnya menyokong dada Anda dan diam di tempat tanpa menciptakan lipatan pada sisi tubuh atau membuat payudara Anda tumpah keluar.

 

  1. Bermain dengan Warna

Agar terlihat langsing pakailah baju berwarna gelap seperti hitam, biru tua, coklat, dsb. Menurut beberapa pendapat, baju yang berwarna terang akan memberikan efek gemuk pada tubuh kita. Jadi cobalah anda bongkar isi lemari kamu dan pilih warna-warna gelap.Tapi warna terang tak selamanya membuat tubuh terlihat lebih gemuk jika dipadu-padankan dengan aksesoris yang mendukungnya.

  1. Gaun

Pakailah gaun yang pas pada tubuh kamu, jangan longgar dan juga jangan yang terlalu ketat. Jika memakai gaun yang longgar maka jelas akan membuat badan semakin lebar, lalu jika memakai yang ketat akan menampakkan bagian yang besar pada tubuh kamu.

Jadi hindarilah kedua gaun tersebut, pakailah yang cocok untuk tubuh kamu. Gunakan gaun yang memiliki aksen pada bagian atas seperti leher, atau pada bagian tubuh anda yang lebih kecil agar perhatian orang tidak terpusat pada tubuh gemuk kamu.

  1. High Heels

Mungkin selama ini kamu seringkali memakai flat shoes dan tidak terbiasa dengan high heels. Tapi cobalah sesekali memakai high heels. Tak perlu setiap saat untuk memakainya , kamu bias  mencobanya saat menghadiri sebuah pesta, atau saat hangout bersama teman-teman.

  1. Rok

Untuk anda yang bertubuh besar dan tinggi pilihan rok yang paling tepat adalah rok pensil. Rok ini bisa membuat bentuk tubuh anda nampak langsing.

  1. Kenakan pakaian yang menarik perhatian pada pinggang.

Cara yang pasti bisa membuat Anda lebih kurus secara instan adalah dengan menarik perhatian pada pinggang alami Anda.[1] Ini adalah bagian terkecil dari pinggang. Pilih atasan pas badan yang mengecil di bagian pinggang dan juga gaya yang melibatkan ikat pinggang, pola, tekstur atau jahitan yang menarik perhatian orang pada pinggang Anda. Contohnya, atasan yang mempunyai lipatan dan bahan berlipit yang menyempit pinggang akan membuat Anda lebih kecil

  1. Pilih pakaian yang menegaskan dada dan pinggul

Anda bisa membuat pinggang lebih kecil dengan menegaskan ukuran dada dan pinggul. Pakai baju, rok, dan gaun yang mengembang di pinggul (untuk pria, kalau bisa jangan masukkan kemeja Anda). Anda juga bisa memakai atasan yang membuat dada terlihat lebih besar. Para wanita bisa memakai atasan dengan bagian dada berlipit atau potongan leher bertumpuk.

  1. Buat garis pakaian Anda dengan khusus.

Anda bisa menciptakan banyak ilusi pada ukuran Anda dengan merancang garis yang ingin Anda tegaskan. Garis jahitan pada rok, jaket, kemeja, dan jenis pakaian lain dapat mengubah tampilan Anda. Pada dasarnya, garis tajam pada pinggul atau dada dan pinggang, dan garis potongan sedekat mungkin pada bagian itu.

Contohnya, hindari pakaian yang sering dikenakan turis, karena kebanyakan pakaian tersebut menambah volume dan berpotongan buruk, seperti celana capri, rok sepanjang betis, dan celana baggy yang tak bisa membuat Anda terlihat lebih kurus.

Boot-cut jeans adalah pilihan yang baik untuk menciptakan garis yang sempurna. Para wanita juga bisa memakai rok A sepanjang lutut atau sedikit di atasnya.

  1. Cari aksesori yang mendukung.

Anda juga harus memilih dengan hati-hati aksesori yang akan memberi tampilan yang diinginkan. Aksesori tertentu bisa mengubah perhatian orang, menciptakan ilusi bahwa Anda lebih tinggi dan lebih kurus dari yang sebenarnya. Contohnya, kalung panjang akan menciptakan tampilan yang tinggi dan langsing. Aksesori yang menonjol seperti gelang besar berwarna cerah akan menarik perhatian pada pinggang ramping Anda, membuat seluruh bagian tubuh Anda lebih kecil bila dibandingkan. Anting-anting dan bando juga bisa mengalihkan perhatian dari bagian tubuh yang tidak Anda sukai. Ini merupakan langkah tepat bila Anda merasa kepala Anda terlihat lebih kecil bila dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

  1. Gunakan warna dan pola untuk menciptakan ilusi lebih kurus

Anda juga bisa menggunakan warna dan pola untuk menciptakan tampilan yang lebih langsing. Tentu saja, saran standar adalah yang paling benar, pakai pakaian berwarna hitam. Hitam adalah teman Anda. Hitam dan warna gelap lain mengurangi bayangan yang terlihat pada tubuh Anda. Warna ini menciptakan ilusi optik yang membuat Anda lebih kurus. Padukan dengan aksen dan aksesori cerah pada pinggang, pergelangan tangan, leher, dan kaki. Ini akan membuat Anda lebih kurus. Selain itu ada juga beberapa pola yang bisa Anda pilih:

  • Pakai garis vertikal. Garis kecil vertikal akan menciptakan ilusi visual yang membuat Anda lebih kurus dan lebih tinggi (membuat dua sisi tubuh Anda berdekatan).
  • Hindari pola besar (dan sebenarnya pola-pola lain), karena bukannya membuat Anda lebih kecil, malah bisa membuat Anda terlihat lebih besar dengan mudah. Menemukan pola yang tidak membuat Anda terlihat lebih besar itu agak sulit, jadi lebih baik tidak memakai pola sama sekali.
  1. Hindari pakaian yang membuat Anda terlihat lebih besar

Anda harus menghindari pakaian yang menambah volume di tempat-tempat yang salah. Pakaian yang tidak pas di badan contohnya, tetapi ada juga model pakaian tertentu yang membuat Anda lebih besar. Misalnya, atasan model empire akan membuat pinggang lebih besar dan pada beberapa wanita mungkin terlihat seperti sedang hamil. Sweater tebal adalah contoh lain yang bisa menambah ukuran secara visual

  1. Gunakan pakaian pembentuk tubuh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kecil

Anda bisa secara nyata membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping dengan memakai pakaian dalam pembentuk tubuh. Dalam bahasa sehari-hari mungkin dikenal dengan nama Spanx, yang merupakan merek terkenal. Meliputi kaos, celana pendek, atau bodysuit yang terbuat dari serat elastis yang memeluk tubuh Anda di lokasi kunci. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah ini atau untuk menyamakan bagian tubuh yang berbeda. Walaupun ketat dan kadang tidak nyaman, tetapi sangat membantu. Anda bisa mendapatkannya di department store dan juga toko online seperti Amazon. Pakaian pembentuk tubuh juga tersedia bagi pria, biasanya untuk bagian dada tetapi ada juga untuk bagian bawah tubuh.

  1. Latih postur tubuh yang baik.Berdiri dengan postur yang benar akan menarik perut dan membuat Anda lebih kurus 5 kg. Luruskan punggung dan tarik bahu ke belakang. Kadang rasanya sangat tidak nyaman bila Anda terbiasa berdiri dengan postur yang tidak baik, tetapi secara visual bisa membuat perbedaan yang sangat besar. Tidur telentang di malam hari bisa membantu punggung Anda tetap tegak siang harinya.
  2. Angkat dagu.Sebagai tambahan sikap berdiri yang lurus, Anda harus menegakkan kepala. Ini akan mencegah lemak berkumpul di sekitar dagu (dan malah menariknya), sehingga membuat Anda terlihat lebih kurus. Lipatan dagu bahkan bisa membuat orang kurus terlihat seperti memiliki bobot yang lebih dari yang sebenarnya.
  3. Posisikan tubuh Anda.Contohlah para model dan dengan hati-hati posisikan lengan dan kaki Anda untuk menciptakan tampilan yang lebih langsing. Misalnya, menyilangkan kaki ketika duduk akan menegaskan garis visual yang Anda ciptakan, membuat Anda terlihat lebih ramping. Meletakkan lengan jauh dari tubuh, seperti menempatkannya di pinggul, akan menarik mata ke arah pinggang yang ramping dan mencegah bentuk kotak yang menambah bobot secara visual.
  4. Buat penyesuaian untuk terlihat lebih baik dalam foto.Bila Anda ingin mengambil foto, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kamera menambah beberapa kilogram yang tidak diperlukan. Memilih sudut yang lebih baik, seperti dari atas, akan membuat Anda lebih langsing karena memotong bagian tubuh yang lain. Anda juga bisa menyesuaikan pencahayaan dalam foto. Hindari pengaturan foto yang membuat bayangan gelap berada di sekitar tonjolan badan. Bila Anda tidak tahu bagaimana mengatur pencahayaan, Anda mungkin bisa bereksperimen dengan cara mengambil foto dari lokasi yang berbeda, jadi kemudian Anda bisa memilih foto mana yang terbaik. Namun jangan mengambil dari sudut yang terlalu jauh di atas kepala. Ini akan membuat kesan “selfie” yang sangat jelas dan orang akan berpikir Anda berusaha terlalu keras.
  5. Hindari makanan asin.Anda juga bisa membuat tubuh Anda benar-benar lebih kurus dengan menghindari makanan asin. Ketika dalam tubuh ada banyak garam, tubuh Anda mencoba menyesuaikannya dengan mempertahankan lebih banyak air. Ini akan membuat Anda terlihat kembung dan tembem, bahkan bila sebenarnya Anda lumayan kurus. Tentu saja cara ini memerlukan waktu karena diperlukan beberapa hari bagi tubuh untuk kembali normal.Makanan yang harus dihindari antara lain daging yang diawetkan, bacon, keripik, sup kaldu, dan kebanyakan makanan cepat saji.
  6. Hindari makanan yang menyebabkan kembung.Ada beberapa makanan yang membentuk gas ketika diserap tubuh, membuat Anda kembung dan terlihat lebih besar. Hindari makanan tersebut untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih langsing. Makanan yang menyebabkan kembung di antaranya adalah kacang-kacangan, lentil, bawang putih, brokoli, kubis, dan lain-lain.

 

Tips

  • Bila Anda mengenakan pakaian ketat atau pas badan, jangan membungkuk ketika duduk. Ini akan menegaskan lipatan perut atau menggembung.
  • Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Jika Anda merasa cantik dengan pakaian yang Anda kenakan, pakai saja! Jangan biarkan orang lain mengatakan yang sebaliknya.
  • Kurangi soda. Minuman soda mengandung gula dan kalori berlebihan yang membuat Anda menggembung. Anda tentu tidak menginginkannya bukan? Simpan minuman tersebut untuk pesta!
  • Anda mungkin tetap harus berolahraga. Coba bersepeda atau jalan kaki untuk mulai membentuk tubuh dengan cara yang benar. Dengan pola pikir yang tepat, olahraga bisa jadi menyenangkan, apalagi bila Anda sudah mulai melihat hasilnya.
  • Makanan sehat dan minum banyak air putih dapat memperbaiki penampilan dan perasaan Anda. Membaca informasi tentang nutrisi bisa memberikan Anda pengetahuan apa yang baik dan tidak baik bagi Anda, dan ingatlah bahwa makanan yang sehat tak selau tidak enak. Bila Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda bisa dengan mudah membuat makanan enak tetapi tetap sehat.
  • Lakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Pakai pakaian yang nyaman. Semakin baik perasaan Anda, semakin banyak orang yang akan tertarik pada Anda.
  • Anda tidak harus menjadi kurus untuk terlihat menarik, satu-satunya hal yang penting adalah bagaimana pakaian tersebut cocok bagi Anda dan Anda merasa nyaman mengenakannya. Ingatlah bahwa fungsi label ukuran hanyalah sebagai informasi, jadi belilah pakaian yang sesuai ukuran Anda.
  • Masukkan lebih banyak serat dalam diet sehari-hari dan tambahkan makanan yang melepaskan air seperti asparagus, mentimun, dan semangka. Semua makanan ini membantu membuang “berat air” untuk mengurangi kembung dan bengkak dengan cepat!

 

 

 

 

Peringatan

  • Berhenti berkumpul atau mengerjakan sesuatu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa inferior. Model di majalah itu diedit. Jangan mencemaskan cara-cara supaya Anda bisa terlihat seperti mereka.
  • Jangan olahraga berlebihan hanya dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Anda bisa cedera dan melukai diri sendiri. Diperlukan beberapa waktu sampai Anda bisa melihat hasilnya, jadi jangan paksa diri Anda.
  • Diet dengan cermat, jangan berlebihan. Bersumpahlah untuk makan lebih banyak nutrisi. Makan porsi yang benar, dan ya, Anda boleh makan coklat, tetapi sedikit saja.
  • Bila Anda ingin berolahraga, temui ahli kesehatan sebelum Anda mulai program olahraga apa pun. Olahraga intens tidak cocok bagi orang dengan indeks massa tubuh tinggi karena memberikan tekanan ekstra pada jantung. Dokter bisa memberikan saran program olahraga apa yang cocok untuk Anda.