Select Page

Percaya diri merupakan salah satu kunci hidup sukses. Dengan rasa percaya diri, kita mampu menciptakan dan membagikan hal-hal positif, bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tapi juga untuk orang banyak. Meski demikian, tak sedikit orang yang bermasalah dengan kepercayaan dirinya. Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Kurangnya atau tidak memiliki rasa percaya diri bisa jadi masalah, karena bisa jadi Anda melewatkan peluang, tapi gagal Anda raih hanya karena alasan minder. Kalau ini pernah Anda alami, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki dan membangun kembali rasa percaya diri tersebut.

Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara yang perlu Anda coba untuk memiliki rasa percaya diri yang lebih baik.

  1. Rancang dulu tujuan kamu

Hidup yang mengalir apa adanya memang baik, tapi akan lebih baik lagi jika kamu juga memiliki target-target atau tujuan tertentu dalam hidup yang ingin dicapai. Saat kamu memiliki sebuah tujuan, cara hidup sehari-hari pun akan berubah. Nah, dari situlah akan timbul optimisme atau keyakinan bahwa bagaimanapun caranya (dalam artian yang positif), kamu harus berhasil mencapai target yang sudah ditentukan. Bila target atau tujuan tercapai? Wah, tentuakan  sangat senang dan semakin percaya diri karena berhasil membuktikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa Anda bisa menyelesaikan sesuatu.

  1. Selalu buat persiapan yang matang

Coba bayangkan, ketika kamusudah ditetapkan untuk mempresentasikan sebuah materi dalam beberapa hari ke depan, tetapi sebelumnya kamu sama sekali tidak mempelajari atau tidak mempersiapkannya dengan baik. Hasilnya? Mungkin saja saat presentasi apa yang kamu utarakan akan melenceng dari konsep utama presentasi, atau lebih buruk lagi,  menjadi gugup dan membantu karena tidak mampu menyampaikan materi dengan baik.

Beda halnya jika kita melakukan persiapan secara matang, saat nama kamu dipanggil ke depan, kamu akan melangkah penuh percaya diri dan menyampaikan materi presentasi tepat sasaran.

  1. Jangan lupakan rencana cadangan atau antisipasi

Meski sudah dilakukan persiapan matang, tapi tak selamanya rencana berjalan mulus. Untuk itu, kamu perlu membuat langkah antisipasi dengan cara membuat rencana cadangan apabila rencana utama gagal. Dengan selalu membuat rencana cadangan atau plan B, kamu pun masih punya rasa percaya diri untuk melanjutkan suatu pekerjaan dengan baik.

  1. Terimalah kekurangan kamu

Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Ya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan atau mempertahankan rasa percaya diri, tak ada salahnya untuk menerima kekurangan diri terlebih dulu.

Setiap orang memang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan rasa percaya diri tinggi, ada pula yang selalu minder atau merasa tidak percaya diri. Meski begitu, dengan menerapkan tips untuk bangun rasa percaya diri dengan menerapkan kelima hal di atas, percayalah rasa percaya diri Anda akan perlahan meningkat. Semoga sukses!

  1. Kenali pikiran negative

Pikiran negatif biasanya berwujud dalam kalimat “aku tidak bisa”, “aku pasti gagal”, “tidak ada yang mau mendengarkan apa yang ingin kukatakan”. Suara-suara ini pesimis, tidak membantu, dan akan menghalangi Anda untuk memiliki harga diri yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar.

  1. Miliki jaringan pendukung yang positif.

Dekatkan diri kepada orang-orang tercinta agar kamu tetap gembira, seperti keluarga atau teman-teman. Selain itu, jauhilah orang-orang atau hal-hal yang membuat perasaan kamu tidak baik.

Orang yang kamu sebut sebagai teman bisa saja membuat perasaan tidak baik jika dia sering mengatakan hal negatif atau mengkritik kamu. Bahkan, keluarga yang sebenarnya berniat baik juga bisa menghilangkan kepercayaan diri jika mereka terus memaksakan pendapat tentang apa yang “harus” kamu lakukan.

Saat kamu membangun sikap positif dan berusaha mencapai tujuan, orang-orang yang negatif ini akan semakin jelas terlihat. Batasi kontak dengan mereka sebisa mungkin saat Anda berusaha membangun kepercayaan diri.

Di antara orang-orang yang mengisi hidup kamu, pikirkan siapa saja yang benar-benar bisa membuat diri merasa hebat. Buatlah rencana untuk melewatkan waktu dengan orang-orang yang selalu mendukung dan menyemangati Anda.

  1. Hilangkan apa pun yang dapat memunculkan pikiran negatif. Jangan biarkan diri

Kamu berada dalam situasi yang membuat diri merasa negatif kepada diri sendiri. Misalnya, pengingat akan masa lalu, pakaian yang sudah tidak pas lagi, atau tempat yang tidak sesuai dengan tujuan baru Anda untuk memiliki kepercayaan diri. Walaupun mungkin kamu tidak bisa menghilangkan semua hal yang menimbulkan pikiran negatif, Anda pasti bisa memikirkan cara untuk menghindar. Ini akan mendukung upaya Anda membangun kepercayaan diri. Duduklah sejenak dan renungkan apa saja yang membuat kamu tidak bersemangat, seperti teman yang jahat, karier yang tidak kamu pedulikan, atau situasi hidup yang hampir tidak tertahankan.