Select Page

Memiliki kulit yang sehat, cantik dan lembut adalah dambaan setiap orang, tapi terkadang banyak hal yang menyebabkan kulit cenderung kering dan tidak sehat. Bahkan jika kulit mengalami kekeringan yang parah bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Untuk mengatasi kulit yang kering, tentunya kita harus mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kulit kering. Berikut ini adalah Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

  1. Buah alpukat, pisang dan papaya. Buah alpukat, pisang dan pepaya selain terkenal dengan seratnya yang baik untuk pencernaan, ternyata ketiga buah ini memiliki manfaat untuk kecantikan salah satunya yaitu mengatasi kulit kering. Anda bisa menggunakan buah alpuket, pisang dan pepaya ini sebagai masker alami untuk mencegah kulit kering. Caranya cukup mudah, yaitu :
  • buah alpukat, pisang dan pepaya yang sudah matang di campur menjadi satu. Setelah itu tumbuk campuran buah tersebut sampai halus.
  • Jika sudah halus, oleskan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, leher, wajah dan daerah kulit yang kering lainnya.
  • Setelah itu biarkan selama kurang lebih 15 menit sampai kering. Bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal, lakukan dua kali dalam seminggu.
  1. Apel. Buah apel terkenal dengan manfaatnya yang dapat meremajakan kulit, sehingga menjadikan kulit tetap sehat. Di dalam buah Apel mengandung zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering serta menjadikan kulit tetap bersinar. Agar kulit Anda tetap sehat, Anda bisa menggunakan buah Apel sebagai obat untuk mengatasi kulit kering. Caranya mudah sekali, yaitu parut buah Apel, lalu ampas dari hasil parutan tersebut dioleskan pada tubuh atau bagian kulit yang kering. Jika sudah 20 menit, bilas dengan menggunakan air dingin.
  2. Timu Timun memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan kulit. Itu sebabnya banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan utamanya. Jika Anda mengalami kulit kering, tidak perlu menggunakan produk kecantikan dengan harga yang lumayan, cukup dengan menggunakan ampas dari parutan timun, lalu oleskan pada wajah atau daerah kulit yang kering. Biarkan sampai meresap kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  3. Kuning Telur. Telur tidak hanya dijadikan makanan yang kaya akan protein. Telur juga bisa dijadikan bahan untuk kecantikan rambut dan kulit. Untuk Anda yang mengalami masalah pada kulit khususnya kulit kering, Anda bisa menggunakan kuning telur sebagai alternatif untuk mengobati kulit yang kering.
  4. Madu. Madu memang terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Madu memiliki manfaat dalam menjaga kelembaban kulit serta mampu mencerahkan dan mencerahkan kulit. Bahkan madu sering digunakan sebagai obat untuk menjaga kelembaban bibir. Nah, jika Anda mengalami kulit kering, bisa menggunakan madu sebagai obat. Caranya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh madu dengan sedikit air mawar. Oleskan pada di daerah kulit yang kering. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  5. Gunakan sabun pelembap Penyebab kulit kering memang sangat bervariasi. Salah satu yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami gangguan ini adalah sabun yang kurang cocok. Terutama jika sabun badan kamu gunakan untuk muka. Oleh sebab itu, mulai sekarang pastikan menggunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesegaran kulit. Apalagi khusus untuk sabun wajah, sebaiknya pilih yang mengandung tinggi pelembap.
  6. Pakai pelembap setelah mandi Menggunakan sabun berpelembap saja terkadang tidak cukup. Bila perlu, gunakan pelembap setelah mandi. Penggunaan pelembap kulit setelah mandi ini akan membantumu mengatasi kulit kering sepanjang hari, apalagi ketika cuaca berubah-ubah seperti sekarang ini. Ada banyak sekali produk pelembap kulit yang dijual di pasaran. Masing-masing merk tentu memiliki keunggulan tersendiri. Apapun pilihanmu, pastikan pelembap tersebut mengandung banyak nutrisi untuk kulit.
  7. Hindari panas berlebihan Meskipun kamu menggunakan lotion pelembap yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari (sun block), sebaiknya hindari kulit terpapar panas berlebih dalam waktu yang lama secara langsung. Paparan sinar ultraviolet sangat buruk bagi kulit. Tak hanya menyebabkan kulit kering dan bersisik saja, tapi juga dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh karenanya, setiap keluar rumah gunakan pelindung seperti topi dan jaket.

 

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh Pada dasarnya tubuh kita terdiri 70 % lebih dari cairan. Apabila cairan dalam tubuh berada di bawah nomal atau kurang, maka akan mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik, pecah-pecah, dan bahkan lebih parah lagi. Untuk mengatasinya kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi minimal 2 -3 liter air putih sehari. Bagi kamu yang belum terbiasa minum banyak air putih, silahkan bagi menjadi beberapa sesi.