Select Page

Punya banyak jerawat di wajah tentu tak enak. Bahkan mengurangi rasa percaya diri karena kita merasa tampil tidak sempurna. Ada cara menghilangkan jerawat yang tidak membahayakan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.  Cara menghilangkan jerawat secara alami banyak sekali metode dan bahannya, salah satu yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker dan dapat kita buat sendiri.

  1. Masker soda kue dan air

Soda kue atau biasa disebut dengan baking soda tidak hanya dipakai sebagai bahan kue saja, kamu bisa membuatnya untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Selain jerawat biasa, menggunakan masker soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Soda kue memiliki manfaat dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Tidak hanya penyeimbang, soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel. Caranya mudah sekali, cukup ikuti langkah berikut ini:

  • Cukup campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental.
  • Sebelum diaplikasikan pada wajah, Anda disarankan untuk mencuci wajah dahulu, agar wajah bersih.
  • Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata.
  • Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  • Setelah mengaplikasikan masker soda kue pada wajah, wajah Anda bisa menjadi cukup kering. Oleh karena itu Anda bisa memakai pelembap wajah sesudahnya.

 

  1. Masker alpukat dan dan madu

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Masker yogurt dan madu

Yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Masker lemon

Lemon yang mengandung asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dapat membuat wajah kamu menjadi cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya mudah : Ambil 1 buah lemon, porong menjadi dua bagian lalu peras. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya.

  1. Masker jeruk nipis

Jeruk nipis hampir memiliki efek dan khasiat yang sama dengan lemon. Caranya pun hampir sama. Potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Kulit Jeruk

Vitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering. Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat

 

 

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang biasa anda beli di supermarket dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit akibat jerawat.

 

Campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air

Oleskan pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas

Biarkan selama 10-20 menit kemudian bilas dengan air hangat

Untuk hasil yang lebih efektif, lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalaman

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat.

Beberapa diantaranya adalah hormon giberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.

 

Potong lidah buaya menjadi dua bagian

Potong bagian samping lidah buaya yang berduri

Iris bagian atas untuk mengambil gelnya, kemudian masukkan ke dalam wadah

Haluskan gel lidah buaya

Oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat

Biarkan selama 3 – 5 menit

Bilas dengan air dingin

  1. Bawang Putih

Tidak diragukan lagi, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang efektif menghilangkan jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang mampu menangkal bakteri penyebab jerawat.

Haluskan bawang putih lalu oleskan pada jerawat

Diamkan selama beberapa menit

Bilas dengan air hangat

Untuk hasil yang lebih optimal, bawang putih yang telah dihaluskan dapat dicampur dengan cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah

  1. Es Batu

Es batu dapat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang merupakan penyebab jerawat. Selain itu, es batu juga berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

Pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut steril

Bungkus es batu secukupnya dengan kain bersih

Oleskan atau diamkan pada wajah yang berjerawat selama beberapa detik

Ulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada area yang lain

Lakukan perawatan ini sampai jerawat mengempis.