Select Page

Siapa yang tidak suka makanan manis? Kita tenunya mengkonsumsi makanan manis karena rasanya yang enak dan juga lezat.  Makanan seperti cokelat, es krim, permen, dan gula adalah hal favorit yang selalu dicarisaat mau makan. Namun, yang sering diabaikan adalah kita jarang untuk menggosok giginya sehabis makan. Padahal makanan dan minuman manis bisa memicu tumbuhnya bakteri pada gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

Dilansir dari hellosehat, berikut ini cara merawat gigi yang baik dan benar untuk mencegah datangnya gigi berlubang.

  1. Rajin menyikat gigi secara teratur. Menyikat gigi tentunya perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Disarankan saat menyikat gigi, Selalu pastikan kita untuk menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur.
  2. Memperhatikan makanan yang dimakan anak. Jika sering makan manis tentunya gigi akan lebih cepat berlubang bukan? Maka dari itu sangatlah penting menjaga makanan, karena makanan bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Makanan dan minuman manis hanya akan memicu bakteri dan asam sehingga bisa mengikis mineral pada permukaan gigi. Maka dari itu kiya harus bisa membatasi untuk mengonsumsi segala yang berasa manis. Jangan sampai ia hanya mau makanan manis daripada makan makan makanan utamanya.
  3. Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin. Memang terlihat sepele, namun kita tetap perlu datang ke dokter gigi setidaknya satu tahun sekali. Hal ini bias dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi dan menjaga gigi tetap sehat.
  4. Menghindari sejumlah makanan Dalam cara perawat gigi berlubang, diketahui beberapa macam makanan yang ternyata dapat memicu kambuhnya rasa nyeri saat kamu memiliki satu atau beberapa gigi berlubang. Makanan yang terlalu dingin atau panas, manis ataupun makanan yang berbumbu terlalu pekat seperti makanan bersantan dan lain sebagainya. Jika kamu merasakan ngilu atau nyeri yang bersifat kambuhan disekitar mulut atau rahang, coba periksa keadaan gigi Anda dengan melihat di kaca kamar mandi ataupun kaca rias. Jika Anda mendapati lubang pada gigi, maka segera hindari beberapa jenis makanan tersebut sebagai bentuk perawatan gigi berlubang agar nyeri yang terasa tidak lebih hebat dibandingkan yang Anda rasakan saat ini.
  5. Menggunakan pasta gigi khusus Untuk gigi berlubang, biasanya akan disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang khusus untuk menangani masalah tersebut. Pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi berlubang umumnya akan mengandung lebih banyak kalsium dan xylitol untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak dan berlubang. Cara merawat gigi berlubang yang satu ini jelas dapat diandalkan terutama jika lubang pada gigi Anda masih dalam taraf yang bisa diperbaiki. Gunakan secara teratur pasta gigi berkalsium tinggi ini terutama untuk minimal 2 kali jadwal menggosok gigi Anda.
  6. Berkumur dengan air garam Ketika gigi berlubang Anda terasa nyeri, apalagi mulai membengkak pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit ini adalah dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat. Air garam ini diketahui dapat menjadi anti-bakteri yang mungkin menyebabkan gigi berlubang atau terserang nyeri. Sehingga, hal ini dapat menjadi cara merawat gigi tradisional yang bisa Anda tempuh. Cara ini ditempuh dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas atau setara 250 cc air hangat. Anda juga bisa mencampurkan perasan air jeruk kedalamnya untuk lebih mengefektifkan obat tradisional ini.
  7. Mengkonsumsi sumber kalsium Mengkonsumsi sumber mengkonsumsi berkalsium untuk memperbaiki gigi yang berlubang. Cara merawat gigi berlubang ini bisa maksimal jika ditempuh dengan perawatan gigi yang intensif. Pengkonsumsian sumber makanan yang berkalsium tinggi ini dapat membantu dan mendukung secara internal perbaikan gigi berlubang Anda. Sumber makanan berkalsium tinggi seperti susu, telur, dan multivitamin berkalsium lainnya. Berkonsultasi ke dokter gigi merupakan cara wajib yang harus Anda lakukan sembari mengaplikasikan cara merawat gigi berlubang seperti yang dipaparkan oleh penulis. Dengan berkonsultasi pada dokter gigi, masalah gigi berlubang akan jelas diketahui bagaimana cara penyembuhan yang tepat.
  8. Gunakan obat kumur. Obat kumur dapat membunuh bakteri dan mengontrol bau mulut. Anda dapat membeli obat kumur komersial atau membuat larutan garam di rumah. Berkumurlah setidaknya dua menit. Larutkan setengah sendok teh garam meja ke dalam segelas air. Garam akan lebih cepat larut jika Anda menggunakan air hangat dan mengaduknya dengan cepat.

Cek bahan obat kumur komersial. Beberapa obat kumur komersial mengandung bahan antibakteri atau fluorida. Rasanya mungkin kuat. Jadi, pilihlah yang bisa Anda toleransi.

Walaupun menggunakan obat kumur, Anda tetap harus menyikat gigi.

Anda juga dapat memasukkan obat kumur ke dalam water pick dan menggunakannya untuk membersihkan sela-sela gigi secara menyeluruh.

 

  1. Bersihkan lidah. Kamu dapat melakukannya dengan penyikat khusus lidah. Ada banyak sikat gigi yang bagian belakangnya juga berfungsi sebagai penyikat lidah. Jika perlu, Anda juga dapat menyikat lidah dengan bulu sikat gigi. Langkah pembersihan ini dapat mengangkat sisa makanan dan bakteri yang ada di permukaan lidah

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita akukan untuk menjaga dan mencegah  gigi yang berlubang. Selamat mencoba!